Toyota Corolla adalah mobil kompak yang terlaris di dunia, lebih dari 30 juta unit terjual dari tahun 1966 sampai sekarang. Corolla tidak hanya diproduksi di Jepang, tetapi juga di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Thailand, Inggris, Turki, serta beberapa negara lain.

Corolla bermesin 4-silinder bensin dan di Jepang serta Eropa juga dipasarkan dengan mesin diesel. Bentuk body Corolla yang paling umum adalah Sedan 4-pintu. Model body lain yang tersedia adalah Station Wagon, dan Hatchback 3 dan 5 pintu. Model sport berbentuk Coupe 2-pintu pernah diproduksi dari tahun 1970-an sampai 1999 dengan nama Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Pada tahun 1980-an, Levin dan Trueno juga tersedia dalam bentuk Liftback 3-pintu.

Kompetitor Corolla yang utama adalah Honda Civic, Nissan Sunny atau Sentra, Mitsubishi Lancer, Mazda 323 yang kemudian digantikan oleh Mazda3, dan Subaru Impreza. 

Generasi Pertama (1966-1970)

First generation 1969 Toyota Corolla
Masa produksi November 1966–April 1970
Perakitan Toyota City, Jepang, Port Melbourne, Victoria, Australia
Bentuk kerangka 2-door coupe
4-door sedan
4-door station wagon
Layout FR layout
Mesin 1.1 L I4 K
1.2 L I4 3K
Transmisi 4-speed manual
2-speed otomatis
Jarak sumbu roda 90,0 in (2286 mm)
Panjang 151,5 in (3848 mm)
Lebar 58,7 in (1491 mm)
Tinggi 54,3 in (1379 mm)
Kapasitas bbm 365 L (Templat:Convert/usgal impgal)

Corolla Sprinter Coupe (KE15)
Mobil kecil yang sederhana bermesin 2K 1100 cc yang diberi kode KE10 untuk Sedan, KE15 untuk Coupe, atau KE16 untuk Wagon.
Diluar Jepang, negara pertama yang mendapat Corolla adalah Australia. Corolla pertama kali dipasarkan di Amerika Serikat pada tahun 1968.
Model facelift yang hadir pada tahun 1969 bermesin 3K 1200 cc diberi kode KE11 untuk Sedan, KE18 untuk Wagon dan KE17 untuk Sprinter Coupe.

Corolla Station Wagon 

Generasi Kedua (1971-1974)

Toyota Corolla 2 door Sedan 1200 Deluxe (Inggris)
Masa produksi Mei 1970–Mei 1978
Perakitan Toyota City, Jepang
Port Melbourne, Victoria, Australia Jakarta, Indonesia
Bentuk kerangka 2-door coupe
2-door sedan
4-door sedan
3-door station wagon
5-door station wagon
3-door van
Layout FR layout
Mesin 1.2 L I4 3K
1.4 L I4 T
1.6 L I4 2T
Jarak sumbu roda 103,9 in (2639 mm)
(coupe)
Panjang 155,3 in (3945 mm)
(coupe)
Lebar 59,3 in (1506 mm)
Tinggi 53 in (1346 mm)
Berat kosong 770 kg (1,698 lb) to 850 kg (1,874 lb)

Toyota Corolla Coupe 1600 Levin (TE27)

Corolla 20-series lebih besar dari pendahulunya. Ini merupakan model Toyota yang sukses di seluruh dunia. Mesin yang digunakan adalah 3K (1200 cc), 3K-B (1200 cc dengan 2 karburator), T (1400 cc), 2T (1600 cc), dan 2T-G (1600 cc DOHC) berkemampuan tinggi.
Pada tahun 1972 diperkenalkan model sport Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Corolla Levin menjuarai Press on Regardless Rally di Amerika, dan 1000 Lakes Rally di Finlandia.
Di Indonesia, Corolla generasi ini yang pertama kali dijual ke pasar dengan model sedan 4 pintu bermesin 1200cc dan transmisi 4 speed manual. 

Generasi Ketiga (1975-1979)

1976 Corolla, versi Eropa
Masa produksi Agustus 1974–Juli 1981
Perakitan Toyota City, Jepang
Port Melbourne, Australia, Thames, Selandia Baru,
Samut Prakan, Thailand
Bentuk kerangka 2-door coupe
2-door sedan
4-door sedan
2-door hardtop coupé
3-door liftback
3-door station wagon
5-door station wagon
3-door van
Layout FR layout
Mesin 1.2 L I4 3K
1.3 L I4 4K
1.4 L I4 T
1.6 L I4 2T
1.6 L I4 12T
Transmisi 2-speed otomatis
3-speed otomatis
4-speed manual
5-speed manual



Corolla Hardtop Coupe CS (KE35)
Krisis bahan bakar pada tahun 1974 membuat kebanyakan orang di Amerika pindah dari mobil Amerika yang bermesin besar ke mobil kecil yang ekonomis. Hal ini membuat Corolla sukses terjual dalam jumlah yang besar. Corolla Sedan, Hardtop, dan Wagon berbasis 30-series, Sprinter Sedan 40-series. Corolla dan Sprinter Sports Coupe dan Liftback berbasis 50-series. Semua model yang menggunakan mesin dengan emisi rendah, Toyota Total Clean (TTC), 60-series, model ini hanya dijual di Jepang. 

Generasi Keempat (1980-1984)

Toyota Corolla Sedan 1300 DX (KE70)
Masa produksi Agustus 1979–Juni 1984
Perakitan Toyota City, Jepang
Port Melbourne, Victoria, Australia, Thames, Selandia Baru,
Samut Prakan, Thailand
Bentuk kerangka 2-door Sedan
4-door sedan
2-door hardtop coupé
3-door liftback
3-door station wagon
5-door station wagon
5-door van
Layout FR layout
Mesin 1.3 L I4 4K
1.5 L I4 5K
1.5 L I4 3A
1.6 L I4 2T
1.6 L I4 12T
1.6 L I4 4A
1.8 L I4 3T
1.8 L I4 13T
1.8 L I4 1C diesel
Jarak sumbu roda 94,5 in (2400 mm)



Corolla Liftback (TE71)

Ini merupakan Corolla terakhir untuk semua model yang berpenggerak roda belakang. Di Jepang banyak sekali varian dan bentuknya. Ada Sedan 2 dan 4 pintu, Hardtop, Coupe, Liftback, Station Wagon, dan Van. Mesin yang tersedia adalah 1300 cc 4K, 1500 cc 5K, 1600 cc 2T dan 2T-G(DOHC). Model di Amerika bermesin 2T-C(1600 cc) dan 3T-C(1800 cc) dengan bentik body Sedan 2 pintu, 4 pintu, Coupe, Hardtop, Liftback, dan Wagon. Perusahaan karoseri di California ada yang membuat Corolla Convertible dengan atap kanvas yang bisa dibuka berbasis Corolla Hardtop.
Di Indonesia hanya tersedia dalam variant DX 4 pintu bermesin 1300 cc 4K. Platform generasi ini juga dipakai untuk Daihatsu Charmant. Corolla DX di Indonesia tahun 1980 memiliki 4 lampu depan yg berbentuk bulat, bumper masih menggunakan besi dengan karet di kedua ujungnya, pada tahun 1981 mengalami perubahan pada lampu depan jadi bentuk petak. Model tahun 1982 mempunyai perbedaan pada lampu sen depan yg melebar ke samping dan lampu belakang baru, sedangkan tahun 1983 Corolla DX hadir dengan tachometer dan bumper urethane yang panjang. 

Generasi Kelima (1983-1987)
1985–1986 Toyota Corolla (AE82) CS sedan (Australia)
Produsen Toyota
Masa produksi 1983–1987
Perakitan Toyota City, Jepang
Fremont, California (FX)
Santa Rosa, Laguna, Filipina
Durban, Afrika Selatan
Thames, Selandia Baru
Bentuk kerangka 3-door hatchback (FX)
4-door sedan
5-door hatchback (FX)
5-door liftback
2-door coupé (RWD)
3-door liftback coupé (RWD)
Layout Mesin depan, penggerak roda depan / penggerak roda belakang / 4WD
Mesin 1.3 L I4 2A
1.3 L I4 2E
1.5 L I4 3A
1.6 L I4 4A
1.8 L I4 1C diesel
Transmisi 3-speed otomatis
4-speed otomatis
5-speed manual
Jarak sumbu roda 95,6 in (2428 mm)
FX: 95,7 in (2431 mm)
Berat kosong 1047 kg (2304 lb)



Toyota Corolla 1600 GT-S (AE86) versi Amerika

Hanya model sport Corolla Levin dan Sprinter Trueno yang berpenggerak roda belakang, model yang lain berpenggerak roda depan. Sprinter Trueno dijual di Amerika sebagai Corolla SR5 dan GT-S. AE86 adalah kode untuk Levin dan Trueno bermesin kemampuan tinggi 4A-GE(1600 cc DOHC), yaitu GT, GT-S, GT-V, dan APEX. AE86 sangat popular dengan sebutan Hachiroku, yang berasal dari Bahasa Jepang, hachi = 8, dan roku = 6.

Corolla Seca Liftback 1600 CSX (AE82) versi Australia

Untuk pasar Australia, Corolla dijual dalam bentuk Sedan, Hatchback, Liftback yang disebut Seca, dan model Sport bernama Sprinter.
Di Indonesia, Corolla generasi ini yang dipasarkan secara resmi hadir dalam versi GL (AE80) dengan mesin 2A 1300 cc dan versi facelift SE Saloon (EE80) dengan mesin 2E 1300 cc. 

Generasi Keenam (1988-1992)

1991 Toyota Corolla 1.6 CS Sedan AE92 (Australia)
Produsen Toyota
NUMMI
Masa produksi 1987–1992
Perakitan Cambridge, Ontario, Kanada
Fremont, California, Amerika Serikat
Toyota City, Jepang
Durban, Afrika Selatan
Santa Rosa, Laguna, Filipina
Cikarang, Indonesia
Port Melbourne, Victoria, Australia
Thames, Selandia Baru
Chachoengsao, Thailand
Bentuk kerangka 2-door coupé
3-door hatchback
4-door sedan
5-door hatchback
5-door liftback
5-door station wagon
Layout Mesin depan, Penggerak roda depan / 4WD
Mesin Gasoline: 1.3 L I4
1.5 L I4
1.6 L I4
Diesel: 2.0 L I4
Transmisi 3-speed otomatis
4-speed otomatis
5-speed manual
Jarak sumbu roda 95,7 in (2431 mm)
Panjang Sedan: 170,3 in (4326 mm)
Liftback & Coupe: 172,2 in (4374 mm)
Wagon: 172,0 in (4369 mm)/171,5 in (4356 mm)



Corolla Wagon (AE92) versi Amerika

Mulai generasi ini kebanyakan Corolla sudah bermesin Twincam 4A-F (Head sempit) atau 4A-G( Head lebar) dengan karburator atau injection. Mesin bensin 1300 cc dengan karburator dan diesel dipasang pada Corolla Sedan versi murah serta Station Wagon dan Van. Corolla Sedan juga dibuat dalam versi mewah yaitu SE Limited untuk Asia yang hampir sama dengan LE di Amerika. Corolla versi Amerika memiliki bumper yang lebih panjang dibanding versi untuk region lainnya, serta lampu indikator merah di fender belakang. Corolla GTi yang sporty dengan mesin 4A-GE dibuat dalam bentuk Hatchback, Sedan, dan Liftback.

Corolla Coupe SR5 (AE92) versi Amerika

Di Jepang, model sports coupe Corolla Levin dan Sprinter Trueno ada yang menggunakan mesin 4A-GZE dengan Supercharger. Corolla Coupe untuk Amerika sebenarnya adalah Sprinter Trueno dengan lampu depan retractable. Tersedia dalam 2 pilihan yaitu SR5 dan GT-S.
Corolla All-Trac Wagon yang memiliki body berbeda dengan Wagon biasa berbasis pada Sprinter Carib di Jepang. Mobil berkode AE95 ini merupakan model pertama Corolla generasi keenam yang dijual di Australia pada tahun 1988. Corolla AE90 dan AE92 dalam bentuk Sedan, Hatchback, serta AE92 Liftback yang disebut Seca baru hadir pada tahun 1989.

Corolla Hatchback versi Eropa

Model facelift dengan grille, bumper, dan lampu belakang baru diluncurkan di Jepang pada tahun 1989, untuk export tahun 1990, dan di Amerika untuk model tahun 1991.
Di Indonesia, model Corolla ini dikenal dengan nama Corolla Twincam, meskipun yang 1300 cc bermesin single cam (SOHC).
Tersedia 4 tipe yang resmi dipasarkan oleh Toyota Astra Motor:
  1. 1.3 SE sedan, mesin 2E (72 hp @ 6000 rpm)
  2. 1.6 SE Limited sedan, mesin 4A-F (94 hp @ 6000 rpm, 12,9 kgm @ 4000 rpm)
  3. 1.6 GTi sedan, mesin 4A-GE (140 hp @ 7200 rpm; 15 kgm @ 6000 rpm)
  4. 1.6 Liftback 5-door, mesin 4A-F (94 hp @ 6000 rpm, 12.9 kgm @ 4000 rpm)
Generasi Ketujuh (1992-1997)

    1994 Corolla Seca

    Diluncurkan di Jepang pada pertengahan tahun 1991 dengan mesin 1300 cc 4E, 1500 cc 5E, 1600 cc 4A, dan 2000 cc diesel 2C. Model Sedan dan Coupe diproduksi sampai tahun 1995, sedangkan model Station Wagon dan Van tetap dibuat sampai tahun 2000.
    Disebut Great Corolla di Indonesia dengan model SE 1300 cc dan SE-G 1600 cc. 1.3 SE digantikan oleh 1.6 SE pada tahun 1994.
    Model baru untuk tahun 1993 di Amerika dengan model Standard, DX, and LE Sedan, serta DX Station Wagon. Model standard bermesin 4A-FE(1600 cc), DX dan LE menggunakan mesin 7A-FE(1800 cc). Untuk tahun 1996, Corolla versi Amerika mendapat facelift dan semua model di produksi di Amerika. Model LE and Station Wagon yang di import dari Jepang tidak dijual lagi. Corolla CE (Classic Edition) mulai dipasarkan.
    Di Australia, Corolla generasi ini diluncurkan pada tahun 1994, dan diproduksi secara lokal. Corolla Sedan terdiri dari model 1.6 CSi, 1.6 CSX, 1.8 CSX Conquest, and 1.8 Ultima, sedangkan Corolla Hatchback adalah 1.6 Seca CSi, 1.8 Seca Conquest, dan 1.8 Seca RV. Hanya satu model yang di import dari Jepang yaitu Corolla Sprinter Liftback. 

    Generasi Kedelapan (1995-2002)

    1997 Corolla 1.6 SE-G

    Untuk generasi ini, Toyota membuat Corolla yang berbeda untuk region yang berbeda. Versi Jepang mulai dipasarkan di Jepang pada pertengahan tahun 1995, dan beberapa negara Asia, Amerika Selatan, serta Afrika pada tahun 1996. Versi Eropa untuk Eropa dan Australia hadir pada tahun 1997. Versi Amerika hanya untuk USA dan Canada baru untuk model tahun 1998. Versi Eropa hadir dengan penampilan yang sangat berbeda dengan versi untuk region lainnya. Corolla Eropa memiliki lampu depan berbentuk bulat. 

    Jepang
    Corolla dengan platform E110 yang terdiri dari EE110 (1300 cc), AE110 (1500cc), AE111 (1600 cc), AE114 (4WD), dan CE110 (Diesel) diluncurkan pada pertengahan tahun 1995. Untuk menghemat biaya produksi, Corolla sedan dibuat lebih sederhana dari generasi sebelumnya.
    Ini adalah generasi terakhir untuk model coupe, Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Levin dan Trueno ada yang bermesin Supercharger 4A-GZE.
    Pada awal tahun 1997, Corolla pertama berbentuk mini-MPV yaitu Corolla Spacio diluncurkan, dan beberapa bulan kemudian model sedan mendapat facelift.
    Di Jepang Corolla Eropa model Station Wagon disebut Sprinter Carib.
    Grade Corolla di Jepang :
    • LX
    • XE Saloon
    • SE Saloon (1500 cc 5A-FE dan 1600 cc 4A-FE)
    • GT (AE111 1600 cc 4A-GE 20 valve 165 hp) 
    Indonesia
      Untuk di Indonesia, digunakan mesin 4A-FE (AE111 - dikenal dengan nama All New Corolla) dengan tahun edar 1996-1998 dengan variant 1.6 XLi, 1.6 SE-G, dan 1.6 S-Cruise. Model facelift bermesin 7A-FE (AE112) dengan tahun edar 1998-2001 tersedia dalam variant 1.8 XLi dan 1.8 SE-G.Output mesin : 4A-FE : 115 hp @ 6000 rpm, torsi 15 kgm @ 4800 rpm. 7A-FE : 120 hp @ 6000 rpm, torsi 16 kgm @ 4400 rpm.
      Kedua mesin ini memakai teknologi Twincam 16 valve EFI
      Corolla AE112 atau dikenal dengan nama New Corolla ini merupakan sedan dengan fitur terlengkap dan termewah di kelasnya saat itu. Dilengkapi dengan ABS, dual airbag, variable timing wiper, dan sebagainya. 

      Eropa dan Australia

      Corolla Hatchback versi Eropa

      Dengan lampu depan yang bulat dan besar serta grille jaring, Corolla versi Eropa kelihatan lebih sporty dari model untuk region lainnya. Di Eropa, model Hatchback dan Liftback lebih laku dibanding Sedan dan Wagon. Ada versi G6 yang menggunakan transmisi manual 6-speed. Corolla Hatchback merupakan basis untuk Corolla WRC bermesin 3S-GTE dan berpenggerak 4WD untuk kejuaraan rally dunia.
      Untuk Australia, Toyota tidak menjual versi Asia, tetapi versi Eropa dengan model Sedan dan Liftback yang disebut Seca. Trim level yang dipasarkan adalah Ascent, Conquest, Levin (hanya untuk Liftback), dan Ultima (hanya untuk Sedan). Pada akhir tahun 2001 diluncurkan Sportivo Turbo berbasis Liftback, dan hanya tersedia dalam satu warna Gold Metallic, dilengkapi mesin 7A-FTE 1800 cc turbo 16 valve EFI dengan output 150 hp
      Model facelift versi Eropa dan Australia memiliki dua lampu bulat kecil yang menyatu dalam cover pada setiap sisi. 

      Amerika Utara
      Di USA dan Canada, Corolla generasi kedelapan diluncurkan pada akhir tahun 1997 untuk model tahun 1998. Model exterior-nya sedikit berbeda dengan versi Asia dan Eropa.
      Corolla ini diberi kode ZZE110 karena mesinnya adalah 1800 cc 1ZZ-FE. Trim level yang dipasarkan adalah VE (paling murah), CE (menengah), and LE (mewah). Touring Package yang terdiri dari spoiler samping, instrument berwarna putih, dan stabilizer adalah optional untuk CE dan LE.
      Untuk tahun 2001, model VE dihentikan, dan model sporty S menggantikan optional Touring Package. 

      Region lain
      Corolla versi Asia juga dijual di Asia Barat dan Amerika Selatan. Corolla versi Eropa dipasarkan di kepulauan Caribbean. 

      Generasi Kesembilan (2000-2006)

      2003 Corolla Altis 1.8 G

      Dimensi lebih besar dari generasi sebelumnya. Ada 2 macam body untuk Sedan 4-pintu, yaitu versi Jepang yang juga dijual di Eropa dan Australia, dan Corolla Altis yang lebih besar untuk Asia Tenggara dan Amerika. Model Station Wagon disebut Corolla Fielder di Jepang, dan juga diexport ke Australia dan Eropa.
      Di Amerika, Corolla Sedan dipasarkan dalam trim level CE, S, LE, dan XRS. CE, S, dan LE bermesin 1ZZ-FE VVT-i, ZRS menggunakan mesin 2ZZ-GE VVTL-i. Corolla Matrix yang berbentuk crossover Wagon / SUV dibuat hanya untuk Amerika.
      Di Eropa, Corolla Hatchback 3 dan 5 pintu lebih popular dibanding Sedan dan Wagon. Juga ada Hatchback berkemampuan tinggi T-Sport bermesin 2ZZ-GE.
      Corolla Hatchback 5 pintu dijual di Australia dengan nama Corolla Seca, dan tersedia dalam versi Ascent, Ascent Sport, Conquest, Levin, dan Sportivo. Levin adalah versi mewah dan sporty dengan body kit, bukan coupe seperti Levin terdahulu. Sportivo adalah model berkemampuan tinggi yang sama dengan T-Sport. Corolla Sedan di Australia dipasarkan dalam versi Ascent, Conquest, dan Ultima.
      Corolla Altis di Indonesia dimulai tahun 2001 sampai sekarang dan telah mengalami beberapa kali perubahan 2001-2003 : generasi 1 Altis di Indonesia. mesin 1ZZ-FE non VVT-i (128 hp @ 6000 rpm, 16,3 kgm @ 4400 rpm) SAE NET. 2004-2005 : generasi 2 Altis di Indonesia, mesin 1ZZ-FE VVT-i (136 hp @ 6000 rpm, 17,4 kgm @ 4200 rpm) SAE NET. Untuk versi A/T telah dilengkapi Super ECT. 2006-sekarang : generasi 3 Altis, dengan penambahan fitur-fitur seperti MID, Audio control di stir, dll. 

      Generasi Kesepuluh (2006-Sekarang)

      2010 Corolla Altis 2.0 V

      Corolla Sedan terbaru yang disebut Corolla Axio, dan Station Wagon Corolla Fielder diluncurkan di Jepang pada akhir tahun 2006. Model Hatchback bernama Auris, dan yang lebih exclusive adalah Blade. Axio, Fielder, dan Auris bermesin 1.5 liter VVT-i 1NZ-FE, atau mesin baru 1.8 liter Dual VVT-i 2ZR-FE. Blade menggunakan mesin 2.4 liter VVT-i 2AZ-FE.
      Corolla untuk Amerika model tahun 2009 dipasarkan mulai awal tahun 2008 dengan model Standard (paling murah), LE (menengah), S (sporty), XLE (mewah), dan XRS (sport berkemampuan tinggi). Corolla XRS menggunakan mesin 2400 cc, sedangkan model lainnya 1800 cc.
      Untuk pasar di negara besar Eropa, Corolla digantikan oleh Auris. Auris berbentuk Hatchback 3 dan 5 pintu. Mesin yang digunakan adalah 1.4 dan 1.6 liter bensin, serta 2.0 dan 2.2 liter common rail diesel. Versi termahal adalah T180 yang bermesin 2.2 liter diesel. Corolla Sedan hanya dipasarkan di Irlandia and beberapa negara Eropa saja.
      Di Australia, baik model Sedan maupun Hatchback tetap menggunakan nama Corolla. Trim level untuk Corolla Sedan sama seperti generasi sebelumnya. Corolla Hatchback versi Australia sama dengan Auris, dan tersedia dalam trim level Ascent, Conquest, Sportivo SX, dan Sportivo ZR.
      Di Indonesia, Corolla terbaru ini diluncurkan pada 28 Februari 2008 dengan 3 grade, yaitu : 1.8 V A/T, 1.8 G A/T, dan 1.8 J M/T. Mesin yang digunakan tetap mesin 1ZZ-FE 1800 cc VVT-i 16 valve dengan mematuhi aturan emisi yang lebih ketat (EURO III). dilengkapi 4 speed A/T triptronic transmission dan 5 speed M/T; Fitur cruise control dapat ditemukan di 1.8 V A/T. Pada tahun 2009, Corolla dengan grade V mendapat mesin baru 3ZR-FE 2000 cc dengan Dual VVT-i, sedangkan model lainnya tetap menggunakan mesin 1800 cc.
      Corolla Altis versi facelift diperkenalkan pada 2010 Indonesia International Motor Show. Semua model hadir dengan bumper, grille, dan lampu belakang baru. Model 1.8 E and 1.8 G hadir dengan mesin baru 2ZR-FE Dual VVT-i. Transmisi untuk 1.8 E adalah 6 speed manual, sedangkan 1.8 G menggunakan 5 speed CVT automatic.
      Ulasan kali ini,UnikArea akan membahas tentang Mobil Mitsubishi Lancer SEi CK4,yang bener2 laris di pasaran & harga jual yang selangit. 

      Sejak lahir di tahun 1997, Mitsubishi Lancer SEi terbukti lebih nyaman dari generasi sebelumnya. Hanya sayangnya, kapasitas mesin generasi yang punya model bodi mirip Mitsubishi Evo IV ini justru lebih kecil dari Lancer sebelumnya berkode CB5 yang punya seri Lancer GTi berkapasitas 1.800 cc. Rentang produksi yang panjang, Lancer CK4 diproduksi hingga 2001, juga berefek konsumennya termasuk golongan yang awet, alias jarang gonta-ganti mobil.

      Model bodi Lancer CK4 tak banyak berubah dari pertama kali diluncurkan, terhitung hanya di tahun terakhir kelahirannya, 2001, Lancer CK4 berevolusi atau mengalami facelift ringan. Bagian yang diganti utamanya gril model vertikal, lampu depan dan belakang yang lebih tajam. Sementara di interior juga tak banyak mengalami ubahan. Harga jual CK4 pun masih kuat berkisar tinggi di rentang Rp 60 sampai Rp 100 juta. 

      Detail facelift hanya di tahun akhir produksi, berkutat di lampu depan dan belakang juga gril model vertikal

      Enaknya, banyak part modifikasi karena model bodinya terkenal di ajang reli dunia

      Mesin Lancer CK4 masih SOHC, lebih irit dan minim perawatan tapi kurang di akselerasi
      Usah ragu masalah perawatan, mesin 4G92 memiliki konfigurasi 4 silinder segaris dan kapasitas murni 1.597 cc. Hanya saja masih SOHC (Single Over Head Camshaft) dan belum dilengkapi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control). "Hanya perlu setel klep karena masih memakai pelatuk dari generasi sebelumnya yang sudah pakai adjuster," terang Audi Wastro, mekanik Champ Motor di Cipinang, Jaktim.

      Hampir sama dengan umumnya kendaraan, perawatan rutin CK4 dikerjakan tiap 5 ribu kilometer. "Oli SAE 10W40 bikin karakter mesin lebih kencang, tapi untuk pengendaraan normal cukup SAE 20W50," kata Wastro lagi. Oli spesifikasi ini masih memiliki rentang kekentalan yang direkomendasikan oleh pabrikannya. Ketika prosedur perawatan dilakukan dengan rutin, mesin 4G92 yang terpasang akan memberikan konsumsi BBM lebih baik. "Pengendaraan dalam kota masih tembus 1 : 10 km," ujar SL Ibrahim, ketua umum IdMOC (Indonesian Mitsubishi Owners Club).

      Pun tak ada masalah berarti di sektor pembangkit tenaga. "Mungkin karena punya bobot lebih berat, sepertinya tarikan CK4 tak sebaik generasi sebelumnya," ulas pria berusia 34 tahun ini. Hanya karena usia pakai, sebaiknya tengok throttle body dan bersihkan dengan semprotan semacam injector cleaner apabila terlihat kotor. Tapi awas jangan sampai TPS (Throttle Position Sensor) tersemprot cairan cleaner terlalu banyak yang justru berpotensi membuat pembacaan oleh sensor tak akurat.

      Kaki-kaki juga tak ada masalah berarti. "Biasakan pakai spare part genuine karena usia pakainya lebih panjang," wanti Wastro, panggilan mekanik warga Bekasi ini. Paling sering diperhatikan yaitu bushing dan tie rod. "Paling agak susah kalau bagian interior yang rusak, seperti kisi AC ataupun kaca spion," ucap Baiem, biasa Ibrahim dipanggil kali ini. 

      Sedikit repot kala harus mencari part interior CK4

      Spare part di pasar onderdil tersedia banyak, mulai yang asli sampai barang copotan
      Masalah spare part sebenarnya tak melulu berkutat di kaki-kaki. "Di pasaran beredar 3 macam spare spart yaitu genuine atau orisinil, KW atau part copotan," tutur warga Bekasi ini. Nah supaya lebih awet, jauh lebih baik pakai part ori daripada part KW yang masa pakainya lebih rendah. Harga memang tak bohong, karena genuine otomatis punya rentang usia lebih panjang. Pun tak perlu ragu masalah ketersediaan spare spart. "Hampir di seluruh pasar onderdil punya segala jenis spare part CK4, termasuk yang copotan dari luar negeri," sambung Baiem lagi.

      Selain itu, jangan langsung menuduh AC rusak juga kalau sampai panas di tengah jalan. "Ada indikasi juga ekstra fan AC yang sudah lemah. Masih terlihat berputar tapi putarannya tak sekencang normal," lanjut ayah 3 orang putra dan putri ini. Langkah pencegahan, lihat indikator suhu mesin, jaga ketika jarum mulai merangkak naik. Selain itu, sisanya tinggal ngacir deh.
      Pemandangan Machu Picchu 

      Machu Picchu ("Gunung Tua" dalam bahasa Quechua ; sering juga disebut "Kota Inca yang hilang") adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru , sekitar 70 km barat laut Cusco .
      Machu Picchu merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka . Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional , tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun 1911 . Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yangmenarik bagi para turis lokal maupun asing.
      Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana , Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu.




      Situs tersebut telah ditunjuk sebagai Situs Warisan dunia UNESCO sejak tahun 1983 , Machu Picchu juga merupakan salah satudari Tujuh Keajaiban Dunia baru, juga mendapatkan perhatian akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh pariwisata (jumlah pengunjung mencapai 400,000 pada tahun 2003). Pada bulan September tahun 2007, Peru melakukan usaha-usaha legal dengan hasil tercapainya sebuah persetujuan dengan Universitas Yale untuk mengambil kembali artifak-artifak yang pernah dibawa oleh Bingham darisitus tersebut pada awal abad 20.





      10 Fakta Menarik Tentang Machu Picchu:
      Sejarah Machu Picchu telah menakjubkan dan membingungkan para arkeolog serta sejarawan. Pertama kali ditemukan oleh Hiram Bingham pada tahun 1911, dan masuk kedalam daftar UNESCO World Heritage Site di tahun 1983. Kota yang hilang dari peradaban suku Inca tetap memikat hingga hari ini bahkan masuk kedalam tujuh keajaiban dunia. Ada beberapa fakta mengenai Machu Picchu yang menarik untuk disimak.
      1. Hiram Bingham mengukir namanya sebagai penemu situs ini, walaupun para penduduk lokal sudah mengetahui terlebih dahulu mengenai tempat ini.
      2. Machu Picchu terletak diketinggian 2,400 meter di atas permukaan laut.
      3. Machu Picchu dibuat pada pertengahan tahun 1400 dan dijuluki sebagai "The Lost City of the Incas".
      4. Banyak dari batu-batu konstruksi bangunan Machu Picchu memiliki berat lebih dari 50 ton. Karena belum ada semen, mereka hanya memotong dan menumpuk batu tersebut sesuai dengan ukuran dan rancangan bangunan.
      5. Luas keseluruhan area mencapai 325.92 Km persegi dan dideklarasikan sebagai "Historical Sanctuary" negara peru di tahun 1981.
      6.Machu Picchu memiliki tiga bangunan utama, yaitu Intihuatana, Temple of the Sun (Kuil Matahari), dan Room of the Three Windows (Ruangan Tiga Kaca).
      7. Machu Picchu setidaknya memiliki 170 bangunan dengan bentuk dan fungsi yang berbeda.
      8. Machu Picchu awalnya dibangunan sebagai sebuah benteng pertahanan, lalu berubah menjadi sebuah ibu kota suku Inca.
      9. Hasil penelitian menunjukkan batu Intihuatana dibuat sebagai jam astronomi atau kalendar.
      10. Konstruksi dari Machu Picchu tidak pernah selesai seluruhnya. Situs ini diabaikan selama serangan bangsa Spanyol kepada Kerajaan Inca.  

      Observatorium antariksa milik NASA, Kepler, menemukan planet yang berada pada lokasi yang cukup nyaman bagi munculnya kehidupan. Temuan ini menjadi temuan planet layak huni pertama oleh wahana yang beroperasi sejak tahun 2009 ini.

      Planet baru tersebut bernama Kepler-22b, berukuran sekitar 2,4 kali radius Bumi. Orbit planet ini berukuran 0,85 kali jarak Bumi-matahari. Diperlukan waktu sekitar 290 hari bagi planet ini untuk memutari bintang induknya.

      "Temuan ini menjadi tonggak penting dalam pencarian kembaran Bumi," ujar ilmuwan dari misi Kepler, Douglas Hudgins.

      Bintang induk Kepler-22b berada sejauh 600 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini tergolong sebagai bintang kelas G yang sangat mirip dengan matahari.

      Zona layak huni bintang ini berukuran 0,7-1,2 kali jarak Bumi-matahari. Dengan demikian, Kepler-22b berada di sisi terdalam dari kawasan yang sanggup menopang kehidupan ini. Air dalam fasa cair, serta oksigen dalam jumlah melimpah sangat mungkin ada di permukaan planet ini.

      Proses penemuan planet ini dilakukan menggunakan metode transit. Observatorium mengamati perubahan cahaya bintang setiap saat dan menunggu planet melintas di depan bintang tersebut. Saat dilintasi planet, terang bintang berubah drastis. Dari perubahan terang ini, ilmuwan bisa mengetahui radius, jarak orbit, dan periode orbit planet.

      Bersamaan dengan temuan planet layak huni ini, misi Kepler juga mencatat 1.000 kandidat planet baru. Dugaan sementara, 10 planet yang berada di dalam daftar juga berukuran setara dengan Bumi dan berada di dalam zona. Namun, dibutuhkan observasi lanjutan untuk mengkonfirmasi dugaan ini.


      Inca biasanya di eja dengan inka, dikenal juga dengan nama Tiwantinsuya. Sebagai salah satu peradaban kuno yang hadir di muka bumi ribuan tahun yang lalu, peradaban inca tentu juga mengalami perkembangan.

      Sama seperti peradaban kuno lainnya, informasi asli tentang inca tidak begitu diketahui. Rekaman sejarah mereka, begitu juga dengan suku bangsa lainnya yg berkembang di dunia ini terekam melalui tradisi oral dari mulut ke mulut, batu, barang pecah belah dari tanah, perhiasan emas , perak, dan permadani yang masih ada di masyarakat.


      Peradaban inca bangsa Peru mengandung pesona mistis dan sangat menarik bagi dunia barat. 400 tahun yang lalu, kekayaan yang menakjubkan berupa emas dan perak peninggalan bangsa ini ditemukan dan kemudian secara sistematis dijarah dan dirampas oleh penjajah Spanyol.

      Barang-barang rampasan yang mereka (Spanyol) bawa pulang berhasil mengubah keseluruhan system ekonomi Eropa. Dan dengan penuh kesadaran, mereka meninggalkan sebuah peradaban maju dalam keadaan compang-camping.

      Inca Cosmos

      Tidak ada yang tahu dari mana bangsa inca datang, rekaman sejarah yang ada di batu-batu menjadi pegangan para archeologist selama berabad-abad untuk memecahkan misteri ini.

      Imperium inca berkuasa dalam masa yang sangat singkat. Sekitar 100 tahun. Semenjak 1438 AD, ketika raja inca Pachacuti dan pasukannya memulai penaklukan daerah yang mengelilingi pusat inca di Cuzco sampai kedatangan bangsa spanyol pada 1532.

      Prajurit Inca

      Pada 1438 bangsa inca sudah mulai keluar dari pusat pemerintahannya di Cuzco untuk menaklukkan daerah lainnya. Selama 50 tahun mereka berhasil menguasai daerah yang sekarang dikenal dengan Peru, Bolivia, Argentina Utara, Chile dan Ekuador.

      Dengan daerah seluas ini, Bangsa Inca mendirikan sebuah Negara yang memungkinkan pemimpin suku dan beberapa bangsawan menjadi raja dan pemimpin. Kebanyakan catatan menunjukkkan ada 13 kaisar yang memimpin bangsa Inca . kaisar-kaisar ini di kenal dengan gelar yang berbeda-beda termasuk “Sapa Inca”, “Capac Apu”, “Intip Cori”. Seringkali kaisar ini disebut dengan The Inca.


      Tujuh orang kaisar yang pertama melegenda, bersifat lokal, dan dianggap kurang penting. Selama masa ini, bangsa Inca adalah suku yang kecil , satu dari sekian banyak suku yang ada, yang daerah kekuasaannya sangat kecil tidak sampai bermil dari pusat kotanya Cuzco.

      Mereka adalah para prajurit yang seringkali berperang dengan suku-suku lain yang berdekatan dengan mereka. Ritual pengorbanan adalah hal yang biasa. Suatu bukti yang berhasil ditemukan oleh para archeologist baru-baru ini.

      Cuzco adalah pusat dari imperium Inca. Dengan kemajuan dibidang teknik hidrolik, teknik dibidang pertanian, arsitektur yang menakjubkan , tekstil, keramik, dan kerajinan dari besi mereka.



      Kaisar bangsa Inca, yaitu :

      1. Manco Capac
      2. Sinchi Roca
      3. Lloque Yupanqui
      4. Maita Capac
      5. Capac Yapancui
      6. Inca Roca
      7. Yahuar Huacac
      8. Inca Viracocha
      9. Pachacuti-Inca-Yupanqui
      10. Topa Inca Yupanqui
      11. Huayna Capac
      12. Huascar
      13. Atahuallpa

      Manco Capac

      Penaklukan yang luar biasa mulai terjadi pada masa anaknya Viracocha, yaitu Pachacuti, yang merupakan salah satu penakluk yang luar biasa, dan dianggap sebagai legenda dalam sejarah bangsa Amerika. Dengan pencapaiannya pada tahun 1438 AD, sejarah Inca dimulai. Hampir semua penulis sejarah setuju dengan hal ini.

      Pachacuti dikenal sebagai orang yang paling hebat yang pernah lahir dari suku asli Amerika. Dia dan Anaknya Topa Inca adalah penguasa yang sangat hebat yang berhasil menaklukkan banyak daerah dan membangun kerajaan mereka sendiri.

      Pachacuti

      Pachacuti adalah seorang Civic Planner yang sangat hebat. Tradisi yang ada menganggap dialah yang merancang kota Cuzco, begitu juga dengan pembangunan bangunan-bangunan batu yang sampai saat ini bisa kita kunjungi di Cuzco.

      Suku yang berdiam di sekitar danau Titicaca yang menggunakan bahasa Aymara yaitu Colla dan Lupaca merupakan suku yang pertama ditaklukkan oleh bangsa Inca. Kemudian baru suku Chanca di bagian barat. Kemudian setelah itu, penaklukan berjalan lambat karena suku-suku yang tinggal di daerah utara memberikan perlawanan yang keras.

      Daerah utara yang berhasil ditaklukkan adalah Quito,Equador termasuk juga kerajaan yang berperadaban dan kuat yaitu kerajaan Chim di daerah pantai bagian utara.

      Topa Inca kemudian mengambil alih kekuasaan ayahnya dan kemudian mulai menaklukkan daerah bagian selatan, menaklukkan seluruh bagian selatan Chile sampai ke sungai Maure.

      Kemudian anaknya Huayna Capac melanjutkan penaklukan ke daerah Ekuador sampai ke sungai Ancasmayo yang sekarang merupakan batas antara Ekuador dan Colombia.

      Bangsa Inca memberi nama imperium mereka dengan nama “Land of the four quarters”, atau dikenal juga Tahuantinsuyo Empire. Membentang sejauh 2.500 mil melewati gunung Andrean dari Colombia ke chile dan mencapai bagian timur dan bagian barat dari gurun pinggir pantai yang kering yang disebut dengan Atacama sampai ke hutan hujan Amazon.

      Bangsa inca menguasai gunung Andrean Cordillera yang merupakan gunung tertinggi dan berbahaya kedua setelah Himalaya. Kehidupan masyarakat terdapat pada ketinggian 15.000 kaki sedangkan kehidupan ritualnya terdapat pada ketinggian 22.057 kaki, tempat sekarang ditemukannya situs keagamaan bangsa Inca.


      Jalan-jalan di gunung dan panggung upacara keagamaan dibangun dan memerlukan waktu yang lama untuk mengangkut tanah, batu dan rumput ke tempat yang sangat tinggi itu.

      Walaupun dengan menggunakan pakaian dan perlengkapan gunung terbaru sekarang ini, akan sangat sulit untuk menyesuaikan diri dengan cuaca dingin dan dehidrasi pada ketinggian yang seperti ini yang ternyata mampu diatasi oleh bangsa Inca.

      Kemampuan untuk bisa membawa barang-barang ke tempat yang sangat tinggi ini sampai saat ini masih membingungkan para ahli.


      Imperium Inca merupakan kerajaan yang mempunyai Negara sendiri dengan daerah yang paling besar di belahan barat dunia ini. Kekayaan dari orang-orang Inca legendaris ini telah memikat banyak anthropologist dan archeologist ke Negara/gunung andrean untuk mengetahui keahlian bangsa inca dan penyebab kehancurannya.

      Bangsa Inca mempunyai system jalan yang luar biasa. Satu jalan mampu melewati semua pantai south American pacific. Jalanan itu membutuhkan teknik dan arsitektur yang luar biasa untuk bisa dibangun mengingat bangsa Inca tinggal diatas gunung Andrean.

      Dipesisir pantai, jalanan yang ada tidak terlihat dipermukaan dan ditandai hanya dengan batang pohon. Bangsa Inca meratakan jalan mereka dengan menggunakan batu yang datar dan membangun dinding batu agar para pejalan tidak terjatuh dari tebing.

      Merujuk pada kemampuan jalannya yang bisa digunakan pada semua musim, 14.000 mil jalan bangsa Inca merupakan suatu hal yang mengherankan dan merupakan perintis yang dapat dipercaya bagi kehadiran Automobile dewasa ini.

      Komunikasi dan transportasi sangat efficien dan cepat, menghubungkan orang-orang yang tinggal diatas pegunungan dan penduduk dataran rendah lainnya dengan pusat kota Cuzco.

      Material bangunan dan arak-arakan upacara yang sudah berlangsung ribuan tahun melalui jalanan itu sampai saat ini masih bisa kita lihat dengan kondisi yang sangat bagus. Jalanan itu dibangun agar mampu bertahan terhadap cuaca yang sangat ekstreme, badai, banjir, kekeringan, dan hujan es.

      System jalanannya melewati lembah yang dalam dan gunung yang tinggi, gundukan salju, rawa, batuan yang dinamis, sungai dengan arus yang kuat, pada beberapa bagian jalanannya terlihat halus dan rata.

      Dimana-mana jalanannya terlihat bersih dan terjaga dari bermacam sampah dilengkapi dengan adanya pondok-pondok kecil, gudang penyimpanan, kuil yang menghadap matahari dan post penjagaan disepanjang jalan itu.

      Bangsa Inca tidak menemukan roda, sehingga semua pekerjaan dikerjakan dengan menggunakan bantuan kaki. Untuk membantu para pejalan, pondok istirahat dibangun disetiap beberapa KM. di pondok ini mereka bisa menginap, memasak makanan ataupun beristirahat sejenak.

      Jembatan merupakan satu-satunya cara mereka melewati sungai. Jika ada salah satu jembatan yang rusak, maka seluruh system jalan akan kacau. Jika ada salah satu jalan yang rusak, maka penduduk setempat akan secepat mungkin memperbaikinya.

      Kehidupan Sosial
      Masyarakat Inca terdiri dari Ayllus yaitu kumpulan sekelompok suku/clan yang hidup dan bekerja bersama-sama. Setiap Ayllus dipimpin oleh seorang Curaca atau kepala. Setiap keluarga hidup dirumah yang terbuat dari batu dan beratapkan jerami.

      Kentang merupakan makanan pokok bangsa Inca. Kekaisaran Inca menggunakan baju yang terbuat dari Alpaca dan banyak dari upacara keagamaan mereka yang melibatkan binatang. Mereka menggunakan sandal sebagai alas kaki mereka.

      Dalam struktur sosial Inca, sang penguasa Sapa Inca dan istrinya The Coyas memiliki kekuasaan yang tak terbatas terhadap seluruh daerah kekuasaannya. Kemudian dibawahnya baru pendeta agung dan kepala komandan semua pasukan.
      Sapa Inca

      Kemudian dibawahnya lagi ada 4 apus yang merupakan komandan pasukan didaerah. Kemudian baru pendeta didaerah, arsitek, administrator dan para tentara. Kemudian baru tukang batu, pemusik dan akuntan. Dan derajat paling rendah adalah dukun, petani, pengembala dan hansip.

      Struktur masyarakat Inca bertahan seperti ini selama ratusan tahun. Kemunculan orang asing berkulit terang/putih semasa pemerintahan Atahuallapa merupakan satu-satunya perubahan yang terjadi dalam sejarah Inca.

      Atahualpa

      Wabah mematikan akhirnya melenyapkan kekaisaran Inca. Sebagian yang selamat akhirnya harus berhadapan dengan pedang dan meriam bangsa spanyol yang kemudian datang menjajah setelah terlebih dahulu menunjukkan tempat penyimpanan emas mereka. Raja Atahualpa juga terbunuh akibat dicekik oleh bangsa Spanyol.

      Agama

      Mereka percaya semua dewa yang ada itu diciptakan oleh sesuatu yang abadi, tidak nampak, dan mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat, yaitu : Tuhannya para Dewa yang dikenal dengan nama Wiraqocha atau Dewa matahari. Raja bangsa Inca dianggap sebagai Sapan Intiq Churin, satu-satunya anak Matahari.

      Wiraqocha

      Bangsa Inca adalah bangsa yang sangat religious. Mereka takut kalau Setan bisa datang kapan saja. Ahli sihir menduduki posisi yang tinggi dalam masyarakat karena dianggap sebagai pelindung dari roh jahat.

      Mereka juga percaya dengan reinkarnasi, menyimpan potongan-potongan kuku mereka dan juga potongan rambut mereka dengan anggapan roh yang kembali akan membutuhkannya.

      Kehidupan religious bangsa Inca ini tersimpan di tengah-tengah hutan yang dikenal dengan nama Sacsahuaman. Disitulah terdapat Cuzco. “the naval of the world” , rumahnya Raja Bangsa Inca dan tempat terletaknya Kuil Agung Matahari. Ditempat inilah kekayaan bangsa Inca dengan mudah dapat ditemukan sebagai bukti keberadaan mereka. Dengan gedung-gedung yang indah, didekorasi dengan emas dan perak.

      Sacsayhuaman

      Bangsa Inca menyembah Dewi Bumi Pachamama dan Dewa Matahari The Inti. Raja Inca, penguasa Kekaisaran Inca dianggap sebagai orang suci dan merupakan Anak dari Dewa Matahari. Dalam Legenda Inca disebutkan bahwa Dewa Matahari mengirim anaknya Manco Capac dan Mama Ocillo untuk menemukan Cuzco, kota suci dan Ibukota dari Imperium Inca.
      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
      Copyright © Artikel | Berita Unik .