Game Balapan Jadul yang Pasti Pernah Kamu Mainkan

Sewaktu kecil, ada 3 indikator jika kita akan menjadi pencinta otomotif :
1. Menyukai bermain mobil-mobilan
2. Menyukai membaca majalah, komik & buku dengan gambar mobil
3. Menyukai game balap bertema otomotif
Nah, meski sebenarnya sama-sama menarik, bermain mobil-mobilan & membaca komik bergambar mobil masih tidak sebanding serunya dibanding saat bermain game balap. Mengapa? Tentu, karena kita bisa merasakan langsung akan namanya mengontrol mobil & kecepatan. Tidak lupa akan menikmati saat menyalip serta kemenangan dari lomba & kompetisi game itu.

Kali ini Unikarea akan menulis beberapa game balap favorit yang membuat Unikarea menjadi tahu akan nikmatnya memandang & mengendarai mobil. Tidak semuanya baru, bahkan kebanyakan game lama dengan tampilan yang kuno…Namun, bukankah game yang keren itu adalah yang dapat kita nikmati, bukannya yang sangat realistis alias mirip asli seperti game zaman sekarang?


Out Run
Out Run Arcade
Publisher : SEGA
Platform : Arcade
Tahun : 1986

Keterangan : Perkenalan Unikarea akan dunia mengemudi mobil, muncul dari game ini. Game yang didesain oleh sosok “special one” Sega, Yu Suzuki, ini, sangat mengedepankan unsur kesenangan mengemudi, kecepatan & bersenang-senang. Intinya hanya satu : Injak pedal gas dalam-dalam, kemudikan Ferrari Testarossa anda dengan baik, dan enjoy the ride.

Mengapa menjadi favorit Unikarea? : Dulu, saya bertanya-tanya, apa impian hidup kita? Jawabannya ternyata mudah : Mengemudikan Ferrari, ngebut melewati jalanan indah diseluruh dunia, dan ditemani wanita cantik disebelahnya. Itu semua bisa anda dapat di game ini!

Chase H.Q II / Super H.Q II
Chase HQ II
Publisher : Taito
Platform : Sega Genesis / Mega Drive 2
Tahun : 1992

Keterangan : Sequel dari Chase H.Q ini, benar-benar game yang sangat sulit namun menantang. Bayangkan, kita mengejar para penjahat menggunakan 3 mobil pilihan : SUV badak Chevrolet Suburban, truk fullsize Freightliner FLA 9664, serta sang legenda Ferrari F40! Mengejar penjahat memakai Ferrari F40? Ini baru namanya menarik!

Mengapa menjadi favorit Unikarea? : Gameplay yang sulit, kemampuan mobil untuk berjalan 2 roda jika menabrak batu, kecepatan tinggi, desktruktif, Ferrari F40. Game ini bagi Unikarea jauh lebih menarik dibanding NFS Hot Pursuit terbaru! Dijamin!

Top Gear II
Top Gear II
Publisher : Vic Tokai
Platform : Sega Genesis / Mega Drive 2
Tahun : 1994

Keterangan : Game ini awalnya terlihat membosankan : Hanya tersedia 1 tipe mobil. Lalu, berbeda dengan game balap retro lainnya, Top Gear II yang bukan termasuk franchise Top Gear BBC ini, memiliki efek kerusakan pada mobil, yang berpengaruh pada performa mobil. Namun…Ada faktor yang membuat game ini sangat menarik! Apakah itu?

Mengapa menjadi favorit Unikarea? : Saya ketagihan memainkannya, karena 2 hal : Tersedia 64 sirkuit (!) serta ada fitur kustomisasi (lebih tepatnya upgrade) mobil seperti memakai mesin & nitrogen baru, termasuk hal yang baru & menarik bagi anak berusia 8 tahun!

1000 Miglia, Great 1000 Miles Rally
1000 Miglia, Great 1000 Miles Rally
Publisher : Kaneko
Platform : Arcade
Tahun : 1994

Keterangan : Sekilas, game ini mungkin bagi yang belum memainkannya akan terlihat kuno, dan tidak menarik. Namun coba anda mainkan game yang berbasis dari rally legendaris ini, pasti anda kaget kalau efek yang ada di game ini benar-benar seperti kenyataan seperti mobil yang drifting, rusak, bahkan terbakar!

Mengapa menjadi favorit Unikarea? : Ingin merasakan menjadi seorang Stirling Moss? Coba mainkan game yang juga ada di versi Neo Geo ini! Anda bisa memakai 20 unit mobil balap legenda, mulai dari Ferrari, Alfa Romeo, Bugatti, sampai Porsche, semuanya dari era 50an. Coba anda mainkan, pasti anda akan bersemangat untuk menamatkannya, saking serunya!

Daytona USA
Daytona USA Arcade
Publisher : SEGA
Platform : Sega Saturn / Arcade / PC
Tahun : 1993 – 1994

Keterangan : Nama balapan Stock Car seperti NASCAR, termasuk terkenal di Indonesia, padahal kompetisinya sendiri sangat jarang diputar di televisi lokal. Lalu, mengapa NASCAR bisa terkenal? Itu karena video games, dan Daytona USA dengan sirkuit legendaris “Daytona USA Speedway” dengan ukiran Sonic Hedgehog ini adalah salah satu sebabnya!

Mengapa menjadi favorit Unikarea? : Apa perbedaan Daytona USA dibanding game arcade lainnya? Anda bisa memainkannya secara simultan dalam 1 sirkuit bersama 8 orang lain! Makanya banyak game center suka menyelenggarakan kompetisi balapan mobil ikonik “Hornet” ini. TOP!

Sega Rally Championship
Sega Rally Championship Arcade
Publisher : SEGA
Platform : Sega Saturn / Arcade / PC
Tahun : 1994 – 1995

Keterangan : Mungkin inilah game rally yang paling legendaris di dunia. Memiliki efek simulasi yang sangat realistis, mulai dari kontur sirkuit, pengaruh setir & pedal, serta efek getaran yang ada di versi arcade. Jangan anggap diri anda penggemar otomotif jika belum pernah memainkan game ini!

Mengapa menjadi favorit Unikarea? : Ingat ketika anda datang pertama kali ke Timezone atau Game Center? Anda melihat sebuah mesin dengan jok, setir & layar, dan melihat Lancia Delta Intergrale melawan Toyota Celica GT-Four (serta mobil spesial Lancia Stratos) saling bersaing? Dan selanjutnya, uang jajan anda akan habis untuk membeli koin untuk terus bermain…Itulah efek dahsyat dari game ini!

R4: Ridge Racer Type 4
R4: Ridge Racer Type 4
Publisher : Namco
Platform : Playstation 1
Tahun : 1998 – 1999

Keterangan : Ridge Racer adalah game balap yang menarik. Selain memiliki gameplay yang keren seperti drifting dengan cepat, grafiknya juga sangat menakjubkan, dengan puluhan sirkuit yang menantang serta mobil-mobil yang fantasi. Nah, RR4 memiliki 321 unit mobil yang untuk mendapatkannya, anda harus menyelesaikan game ini dengan seluruh tim, seluruh mobil, tanpa kalah / TOTAL WIN! Gila kan?

Mengapa menjadi favorit Unikarea? : Banyak faktor yang membuat RR4 menjadi game balap yang sempurna. Mulai dari grafis revolusioner gouraud shading pada polygon, gameplay yang panjang, menantang, serta tidak lupa sang maskot Reiko Nagase. Bahkan Ridge Racer generasi selanjutnya, tidak mampu menandingi karisma dari RR4 yang memiliki soundtrack Acid Jazz yang keren ini!

Need for Speed: Porsche Unleashed
Need For Speed Porsche Unleashed
Publisher : Electronic Arts
Platform : Playstation 1 / Windows
Tahun : 2000

Keterangan : Need For Speed adalah franchise game balap yang sudah memiliki puluhan seri. Namun, Porsche Unleashed-lah favorit Unikarea. Mengapa? Ini karena selain Unikarea sangat menyukai Porsche, game ini juga memiliki banyak kelebihan lain, mulai dari informasi ekstensif soal mobil, sampai sirkuit yang indah. Sangat menyenangkan memainkannya!

Mengapa menjadi favorit Unikarea? : Kapan lagi anda bisa mengemudikan seluruh tipe Porsche dari era 50an, sampai tahun 2000? Mulai dari 356, sampai 911 GT1, semuanya bisa anda pakai, dan kemudikan sepuas-puasnya di sirkuit yang mayoritas berlokasi di Eropa. Kapan lagi ya NFS membuat game dengan fokus 1 pabrikan lagi?

Gran Turismo 2
Gran Turismo 2
Publisher : Sony
Platform : Playstation 1
Tahun : 1999 – 2000

Keterangan : Konon, tim Polyphony Digital yang dikepalai oleh Kazunori Yamauchi, bekerja mati-matian dalam membuat game ini untuk dipasarkan pada Natal tahun 1999, bahkan dalam pembuatannya, para karyawannya hanya tinggal beberapa hari dirumah, dan sisanya masih di studio. Hasilnya? Sampai sekarang, GT adalah GAME BALAP TERBAIK UNTUK KONSOL. Sebuah prestasi yang membuat nama Sony makin melambung tinggi, dan salah satu judul terbaiknya adalah GT2.

Mengapa menjadi favorit Unikarea? : Apa? Anda masih bertanya apa kelebihan game ini? SEMUANYA. Mulai dari jumlah mobil yang sangat brutal (650 unit!), physics game yang realistis, kemampuan menyetting total mobil, sistem lisensi, soundtrack yang keren, sampai kemampuan hybrid dengan Gameshark (yang sampai sekarang masih diminati Unikarea!) Memang ada banyak glitch aneh di game ini, namun GT2 masih diakui sebagai salah satu game balap terhebat sepanjang masa. Sampai kapanpun.
Zeroyon Champ
Ya, itulah beberapa game retro favorit Unikarea. Memang zaman sekarang, game-game balap sudah berubah dari yang awalnya menawarkan kesenangan mengemudi virtual, menjadi simulator mengemudi mobil seutuhnya. Memang masih menantang, namun apakah anda senang memainkannya, sama seperti bermain Sega Rally? Biarkan anda masing-masing para pembaca yang menjawabnya…

Mungkin anda juga memiliki game favorit lain dari zaman dahulu? Tulis saja di pojok komentar dibawah, dan hidupkan kembali konsol tua anda di gudang, atau gunakan Emulator untuk memainkan kembali game-game diatas, dan siap-siaplah anda tersenyum akan efek nostalgia masa lalu anda!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright © Artikel | Berita Unik .